Apa itu backlink dan fungsinya? - balaghy

Temukan informasimu di sini

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Saturday 1 June 2013

Apa itu backlink dan fungsinya?

Santri Balaghy, berbagi info tentang Apa itu backlink dan pentingnya dalam SEO. trik yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan blogger sejati, tapi tetep aja mesti diulas. Buat yang baru dalam berSEO blog seperti saya sendiri.

Apa pentingnya backlink?

Sebelum kita bahas lebih lanjut, harus tahu dulu dong apa kegunaan dari backlink itu sendiri. Ibarat nasi (situs sahabat), maka backlink adalah pelengkap dimana ia berperan penting untuk meningkatkan popularitas situs sahabat di mata Search Engine dan juga dapat meninkatkan pagerank situs sahabat. Gimana, menarik kan?

Apa itu backlink?

Backlink atau bisa disebut tautan balik merupakan salah satu tips optimasi SEO off-page, dimana sahabat menempatkan link atau tautan yang disimpan pada blog maupun website lain, dan tautan tersebut memiliki akses balik ke blog sahabat. Contoh simpelnya seperti ini, tautan  http://balaghyelrasyid.blogspot.com/ (Santri Balaghy) mempunyai link di blog sahabat, nah itu berarti Santri Balaghy memiliki backlink dari blog sahabat, mudahnya lihat ilustrasi gambar. 

Backlink dibagi dalam dua kategori
1. One way backlink

One way backlink adalah penanaman backlink satu arah, dimana sahabat bisa menanamkan link ke sebuah situs web maupun blog tanpa harus menanamkan link situs tersebut di blog sahabat. 

Penanaman One way backlink biasanya dilakukan dengan

Blog Comment
Sahabat bisa memberikan komentar pada sebuah situs dengan menyertakan link situs milik sahabat sendiri.

Signature Forum
Dalam beberapa forum, ada yang memiliki signature yang akan terpasang saat sahabat melakukan posting. Ini bisa memberikan backlink satu arah untuk situs sahabat.

Social Bookmark
Merupakan sebuah website dimana sahabat bisa mensubmit situs sahabat di website tersebut dengan menjadikannya bookmark. 

2. Reciprocal backlink

Kebalikan dari One way backlink, Reciprocal backlink merupakan backlink dua arah dimana sahabat menanamkan link ke sebuah situs dan sahabat juga menanam link url situs tersebut di blog atau web sahabat.

Contoh dari Reciprocal backlink

Directory Submit
Directory Submit merupakan website dimana website tersebut mengklasifikasi situs dalam beberapa kategory dan meletakkan Url situs yang disubmit ke dalam kategory tersebut. Sayangnya, trik satu ini biasanya situs Directory Submit mengharuskan sahabat untuk reciprocal backlink. So, sahabat mesti memasang banner, link dan sebagainya yang mengarah ke website tersebut di situs sahabat.

Tukar link
Ini yang biasanya dilakukan sahabat blogger baik dalam beberapa forum maupun biasanya dicantumkan di blog mereka (biasanya halaman khusus untuk tukar link). Hal ini dilakukan tidak lain supaya mereka bisa mendapatkan satu backlink dari situs milik sahabat.

Sebagai catatan bahwa "Satu backlink berkualitas akan lebih disukai oleh Search Engine dari banyak backlink yang kurang berkualitas" bukan tidak berkualitas lo, semua pasti berkualitas.

Sekian tips SEO tentang Apa itu backlink oleh Santri Balaghy. Kalau artikel ini memberikan informasi yang sahabat cari, mohon dishare dan jangan lupa Like ya. 
kami ucapkan Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat,
Salam Sahabat Balaghy!

Sumber: Klikseo

3 comments:


  1. Hello,

    we provide affordable and result-oriented SEO services, please give a chance to serve you.


    Thanks
    Admin: E07.net

    ReplyDelete

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here