3 Falsafah bisnis orang Tionghoa - balaghy

Temukan informasimu di sini

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Tuesday 18 February 2014

3 Falsafah bisnis orang Tionghoa

Halo, apa kabar sahabat balaghy
Kali ini balaghy akan share informasi menarik dari dunia bisnis lho. Artikel tentang 3 falsafah bisnis orang Tionghoa ini merupakan artikel lanjutan dari artikel balaghy sebelumnya. Iya sih, mungkin artikelnya udah usang, bukan yang baru lagi. Tapi kan ga ada salahnya juga kita berbagi ilmu. Terutama buat sahabat yang udah tertarik untuk mulai terjun dalam dunia usaha. Nah, seperti apa sih kira-kira filsafat bisnis orang tionghoa, kita simak bareng yuk!

Quang-Shi 
Yaitu hubungan yang sangat erat antar orang Tionghoa. Ketika yang satu terlilit masalah, maka yang lain akan ikut membantu. Misalnya, saat seorang pengusaha Tionghoa bangkrut dan tak punya modal lagi untuk memulai usaha baru, pasti akan ada yang bersedia membantu, sekalipun usaha itu berpotensi rugi. Selama orang yang diberi bantuan berlaku jujur dan tidak berbuat curang, maka teman atau saudaranya akan tetap membantu, meskipun dia sudah 2-3 kali bangkrut. Tapi jika sekali saja dia berbuat curang dan bohong, maka kerabatnya akan berhenti menolong. 

Wei-Chi 
Yakni optimisme menghadapi krisis. 'Wei' artinya bahaya dan 'chi' artinya kesempatan. Jadi setiap kali terjadi krisis, ada dua tindakan yang harus dilakukan, yaitu melepaskan diri dari bahaya dan meraih kesempatan. Orang Tionghoa selalu berpikir positif dalam menghadapi krisis dengan mengedepankan peluang yang ada dibandingkan sibuk memikirkan kendalanya. Jadi mereka akan berusaha sekuat tenaga tanpa mengeluh untuk meraih kesempatan itu, sekecil apa pun. 

Mian-Zi 
Arti harfiahnya 'muka'. Orang Tionghoa memegang prinsip, apa pun yang terjadi jangan sampai ‘kehilangan muka’ alias harga diri. Misalnya, ia punya utang dan sudah jatuh tempo. Jika tak punya uang tunai, ia rela menjual asetnya untuk melunasi utang tersebut daripada harus kehilangan harga diri.

Gimana artikelnya, menarik bukan untuk tambahan pengetahuan kita? Sekian dulu artikel 3 Falsafah bisnis orang Tionghoa. Oh ya, jangan lupa like dan share artikel ini ya biar sahabat yang lain tahu. Indahnya ilmu saat sahabat kita pun tahu.

Semoga bermanfaat,
Salam Sahabat Balaghy!

Sumber: http://www.pesona.co.id/karier.uang/keuangan.bisnis/3.falsafah.sukses.pengusaha.tionghoa/004/003/20

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here