Dasar dalam membangun sebuah blog - balaghy

Temukan informasimu di sini

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Monday 14 October 2013

Dasar dalam membangun sebuah blog



Salam sahabat Balaghy!
Sahabat, kali ini Santri Balaghy bakalan sharing informasi dasar dalam membangun sebuah blog terutama buat sahabat balaghy yang akan memulai hoby barunya dalam dunia blogger. Informasi ini sifatnya umum hanya saja sebagai bahan percobaannya, balaghy mengambil blog dengan platform blogspot. Sebelum memulai penjelasannya, kita simak dulu apa sih blog dan fungsinya?

Apa itu blog?
Blog, penasaran apa sih blog itu?
Blog merupakan salah satu jenis website dimana sahabat bisa menyajikan konten yang dapat diupdate secara rutin atau tidak dan ditampilkan dalam bentuk sebuah artikel singkat. Selain artikel dalam bentuk tulisan, blog juga bisa menampilkan berbagai konten gambar dan video. Di samping itu blog juga memungkinkan para pengunjung atau visitornya untuk melakukan komentar terhadap artikel atau postingan yang ada. Kira-kira seperti itulah blog.

Jenis dan kategori blog
Dari pengertian blog di atas jelas sekali bahwa blog bisa difungsikan sebagai media apapun yang kita inginkan. Dari sini bisa kita bagi blog ke dalam beberapa jenis. Namun secara umum blog terdiri hanya dari tiga (3) jenis saja.
1. Blog pribadi
2. Blog usaha
3. Blog campuran

Blog pribadi
Blog pribadi ini berarti blog dijadikan sebagai media sharing informasi. Baik itu curhat (catatan harian online), sharing informasi tentang hobi seperti blog manga (komik Naruto; ex), hasil penelitian dan berbagai hal lainnya yang sifatnya hanya sekedar sharing informasi saja.

Blog usaha
Blog yang satu ini biasanya digunakan oleh badan-badan usaha untuk mempromosikan barang dagangannya. Biasanya blog semacam ini berisikan konten tentang penjelasan produk yang ditawarkan. Ada juga blog yang hanya berisikan iklan saja. Ini juga termasuk dalam kategori blog usaha.

Blog campuran
Blog yang satu ini bisa merupakan gabungan dari blog pribadi dan usaha. Blog dengan kategori pribadi (blog manga contohnya) biasanya juga menawarkan iklan dari para pengiklan demi mendapatkan pendapatan dari blog yang di milikinya. Penjelasan mudahnya gini. Blog yang bisa dibilang udah lama, biasanya telah memiliki traffic yang tinggi dengan ranking yang bagus juga tentunya. Nah, kalau sudah demikian muncul istilah "aji mumpung." Logikanya, karena blog sudah memiliki traffic yang cukup tinggi dan bahkan terkenal di wilayah negaranya, lantas kenapa ga dijadikan media pendapatan tambahan saja?

So, blog kategori campuran bisa kita lihat dengan model blog sharing informasi (yang dimiliki owner) dan juga di dalamnya terdapat beberapa iklan pendukung.

Dari sini penjelasan Santri Balaghy tentang blog cukup memberikan gambaran ya tentang apa itu blog dan fungsinya. Selanjutnya dasar pengetahuan dalam membangun sebuah blog.

Dasar blog yang harus dipahami dalam berblogger ria
Template
Template ini fungsinya adalah mengatur seperti apa tampilan yang akan digunakan untuk blog kita. Pastinya kan berbeda tampilan antara blog diary dan blog dengan konten berita. Dan juga blog untuk manga (komik) tentu  akan berbeda tampilannya dengan blog yang bergerak di bidang toko online. Nah, template inilah yang membedakannya.

Template sendiri sebenarnya sudah disediakan dari pihak blogger. Hanya saja kebanyakan para blogger merasa tidak puas dengan tampilan dasar tersebut. Untuk mengatasinya mudah. Banyak koq situs-situs penyedia template gratis untuk platform blogspot.
Btemplates
Zoomtemplate
Mastemplate
Deluxetemplate
Bloggertheme

SEO (Search Engine Optimation)
SEO merupakan suatu trik atau  cara yang digunakan oleh para pemilik situs untuk mendapatkan traffic kunjungan melalui mesin pencari menuju sebuah situs tertentu. Tujuan dari SEO ini sendiri tidak lain hanya satu, yaitu menempati peringkat teratas penelusuran Search Engine (mesin pencari).

Contoh mudahnya blog Santri Balaghy aja. Coba ketikkan keyword Santri Balaghy di kotak pencarian google dan lihat hasilnya. Secara logis, jika sebuah situs berhasil menempati urutan teratas sebuah mesin pencari, maka kesempatan situs tersebut untuk mendapatkan kunjungan akan lebih besar.

Konten (Artikel)
Nah, ini dia nih inti dari segalanya. Entah blog yang dibuat berkategori apa dengan tujuan pembuatan seperti apa, penulisan dari konten yang ada di blog harus mendapat perhatian secara penuh dari penulis. Mengapa demikian? Lho koq mengapa. Pada intinya kita membuat blog jika ingin para pengunjung betah berlama-lama di blog yang kita buat, tentu tulisan yang kita muat pun harus tulisan yang berbobot. Berbobot di sini maksutnya bukan harus terpaku pada penulisan yang EYD. Lihat blognya dulu. Maksut berbobot di sini adalah

1.Bahasa penulisan yang bersahabat dengan pembaca. Jangan terlalu kaku ataupun terlalu berbasa-basi.

2. Tulis sesuai dengan informasi sebenarnya. Jangan informasi yang asal-asalan. Okelah mungkin blog kita trafficnya tinggi. Namun, jika tulisannya tidak sesuai dengan apa yang ada, maka bisa dipastikan setelah berkunjung pertama kalinya, para visitor akan males berkunjung untuk kedua kalinya ke blog yang kita miliki. So, jaga kepercayaan dari para pembaca.

3. Tulislah yang sesuai dengan mekanisme penulisan SEO on-page. Jadi intinya sekalian aja kalau nulis. Tulisan berbobot, menyenangkan dan juga tulisan yang berkategori SEO on-page.

4. Sebuah tips SEO dalam penulisan. Jangan terlalu banyak memberikan link keluar dari posting sebuah artikel.

Nah, gimana dengan informasi yang Balaghy berikan. Cukup menarik bukan? Beberapa informasi di atas merupakan info dasar dalam membangun sebuah blog yang Balaghy dapatkan dalam pengalaman exis di dunia blogger. Tujuan mempelajari ilmu di atas tidak lain adalah supaya blog yang kita miliki ga nganggur (nulis sendiri, baca juga sendiri). 

Sampai di sini, cukup sekian dulu sahabat. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat kepada sahabat balaghy semua. Sebelum beranjak jangan lupa like artikel dan fanpage yang ada di samping laman juga komentarnya kalau masih kurang jelas. 

Selamat berblogger ria,
Salam Sahabat Balaghy!

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here